Sabtu, 22 Februari 2014

15.35
1




Kali ini saya mencoba berbagi tips untuk berkomentar saat agan melakukan blogwalking ke blog sesama blogger. Kegiatan yang seperti ini sudah banyak di lakukan oleh para blogger , tetapi ternyata banyak blogger yang tidak berstrategi dalam melakukan blogwalking. Tips blogwalking ini saya dapatkan berdasarkan pengamatan terhadap link-in alexa blog ini yang sering naik turun .
Adapun tips berkomentar ini saya bagi menjadi dua tahap.Tahap pertama adalah tips yang bersifat umum dalam berkomentar atau melakukan blogwalking (general tips), yang terdiri atas:
Usahakan berkomentar pada blog dofollow. Berkomentar pada blog dofollow akan memberikan backlink kepada anda terutama saat google bot atau crawling search engine pada blog tersebut akan diteruskan ke blog anda. Hal ini akan mempengaruhi pagerank dan memperkecil angka alexa rank dari blog anda
Usahakan berkomentar pada blog yang ber-pagerank tinggi atau lebih tinggi dari blog anda. Ini akan mempengaruhi pagerank dan index angka alexa blog anda
Usahakan berkomentar pada blog yang memiliki kesamaan nieche atau pada artikel yang topik yang sama. Hal ini akan mempengaruhi posisi artikel anda pada search engine dan mempengaruhi pagerank dari blog anda
Jika tidak pada thema blog maupun topik yang sama, usahakan pada blog yang memiliki visitors tinggi. Hal ini akan memperbesar kemungkinan visitors datang melalui blog tersebut. Dan ini akan mempengaruhi alexa rank blog anda. Untuk tips ini jangan terlalu sering dilakukan. Lebih baik jarang dilakukan. Kalaupun anda ingin berkomentar, lebih baik pada blog nofollow yang memasang widget recent comment atau top comentators. Karena bisa anda jadikan ajang promosi gratis bagi blog anda.
Lakukan komentar yang bersahabat dengan memberikan masukan saran berharga. jangan melakukan spam.
Pilih metode komentar dengan mendaftarkan nama/URL, atau minimal menggunakan openID jika nama/url tidak tersedia
Tahap kedua dari pembahasan saya dalam tips blogwaking adalah tehnis berkomentar. Secara tehnis silakan lakukan komentar dengan cara di bawah ini:
A. Jika tersedia pengisian Nama/URL pada kolom komentar, maka isilah pada kolom sebagai berikut:
Nama: keyword blog (contoh: blog tutorial, blog personal dan lain-lain)
URL: diisi dengan URL home page (contoh: http://www.indoartcode.blogspot.com)
B. Jika anda ingin artikel anda masuk di halaman depan search engine maka perbanyaklah komentar pada artikel yang memiliki topik bahasan yang sama, dan saat berkomentar pada nama/URL diisi dengan:
Nama: keyword artikel (contoh: tips meningkatkan pagerank)
URL: diisi URL artikel (contoh: http://www.nelsonsitompul.com/2011/01/tips-meningkatkan-pagerank.html)
Jika pada kolom komentar tidak tersedia nama/URL silakan gunakan openID.
Dengan kedua tehnis di atas, maka anda akan mendapatkan backlink dari blog di mana anda berkomentar. Dan sebagai tips tambahan untuk berkomentar, jika anda menemukan blog doffolow (contoh blog ini), adalah lebih baik sobat follow blog tersebut. Saat pemilik blog publish artikel baru, segeralah berkomentar. Karena biasanya ada jeda waktu antara publish artikel dengan proses index artikel oleh search engine, sehingga proses crawling akan diteruskan ke blog atau artikel anda (backlink). Jika artikel tempat anda berkomentar adalah artikel lama, silakan lakukan ping pada artikel blog tersebut, sehingga artikel tersebut akan terindex ulang dan efeknya memberikan backlink pada blog atau artikel anda.

Happy blogging :)

1 komentar: