Minggu, 09 Februari 2014

10.28
2




Kenapa wikipedia selalu berada pada peringkat atas posisi SERPS google?
Mengapa wikipedia selalu berada pada peringkat atas posisi SERPS google? Sebuah fakta SEO yang sedikit sekali dijadikan bahan penelitian oleh praktisi search engine optimization. Faktanya, kata kunci trik seo atau rahasia seo masih menjadi keyword populer di kalangan pegiat mesin pencari. Hal itu menunjukan bahwa masih banyak yang mempercayai bahwa algoritma dapat dipengaruhi dengan trik tertentu. SEO kini semakin manusiawi, dia mampu melepaskan diri dari pengaruh trik negatif pengoptimalan konten web untuk mesin pencari. Apa buktinya jika mesin pencari sudah melepaskan diri dari trik manipulasi hasil pencarian? Jawabannya adalah dominasi wikipedia. Lalu kenapa wikipedia mampu mendominasi serps? Inilah yang akan kita bahas sekarang.

Dominasi wikipedia memunculkan penilaian negatif terhadap google, sebagian besar menilai google memberikan "sesuatu yang khusus" secara gelap dan sisanya beranggapan bahwa wikipedia memang layak berada pada posisi tersebut. Saya pribadi menyatakan bahwa mereka memang pantas mendapatkan peringkat terbaik dalam serps.

Kenapa wikipedia mampu mendominasi SERPS?
wikipedia mendominasi serps google
Konten adalah raja telah dibuktikan oleh wikipedia. 99% hasil pencarian organik dengan bentuk kata kunci non diisi raja serp tersebut. Bagaimana bisa hal itu terjadi? Inilah hasil analisa saya.

Sebuah Konten yang unik dan Menyeluruh 
Wikipedia adalah studi kasus berskala besar yang dibuat dengan kekuatan dasar UGC (User Generated Content). Melihat dasar pembentukannya, partisipasi pengguna merupakan faktor utama yang menunjang "kehidupan" situs ini. Pengguna berpartisipasi untuk menulis dan menyalurkan pengetahuan originalnya ke dalam bentuk tulisan. Tentu saja hal tersebut menciptakan konten unik.

Selain terciptanya unik konten, penjelasan secara detil juga terbentuk akibat dari pendalaman informasi yang dicurahkan ke dalam satu fokus tema. Pada artikel tips menulis artikel berkualitas, sudah saya lampirkan bahwa untuk menciptakan konten yang baik, pengumpulan data setidaknya dilakukan selengkap mungkin.

Halaman dibuat dengan fokus target kata kunci yang kuat
Setiap halaman web dibuat individual di sekitar istilah pencarian kata kunci utama, fakta ini menguatkan sebuah halaman web karena kemungkinan terbesar untuk peringkat terbaik adalah halaman web yang mampu mencakup istilah pencarian utama dan istilah yang lebih spesifik.

Contoh sederhananya adalah halaman wikipedia Turki. Halaman tersebut berisi sekitar 12.536 kata pada halaman tunggal dan meluas hingga 70 juta dalam index google di 10 bahasa. Kata kunci utama halaman tersebut adalah "Turki", namun mampu mencakup kata kunci spesifik seperti "Sejarah Turki" dan lainnya. Itulah contoh sederhana halaman yang diinginkan oleh google.

Otoritas domain yang sangat kuat
Sangat sulit rasanya menyaingi otoritas domain bernilai 100/100 di OpenSiteExplorer. Selain itu, wikipedia juga memiliki total link 6,13M link di MajesticSEO. Sanggup menyainginya? Itulah hasil kampanye natural wikipedia.

Struktur internal linking yang hebat
Meletakan link relevan pada halaman web merupakan anjuran tim google. Hampir di seluruh halaman wikipedia terdapat internal link menuju halaman yang relevan dan external link dengan attribute rel="nofollow". Hal tersebut memungkinkan untuk menyebarkan kekuatan domain di seluruh situs. Andai saja mereka menghapus attribute nofollow, maka kemungkinan akan ada banyak spam link eksternal yang menyebabkan jatuhnya domain.

Sumber link dari halaman berotoritas sangat baik
Semua dari kita tentu sudah mengetahui bahwa wikipedia merupakan pemimpin pasar dunia ensiklopedia online. Tolok ukur tersebut menjadi dasar mereka menghasilkan link dan kutipan dari halaman web berkualitas. Beberapa diantaranya adalah halaman milik NASA ataupun BBC dan Telegraph.

Pendapatan link dari halaman semacam itu tentu akan sangat berpengaruh pada pamor, sehingga mendominasi serps bukan hal mustahil untuk dicapai.

Akankah dominasi ini akan terus berlangsung?
Jika hanya menilik dari metrik SEO, khususnya konten dan pertumbuhan link, bisa saya katakan 99,99% dominasi wikipedia akan terus berlangsung. Raja ensiklopedia online ini tumbuh sedemikian rupa, sehingga akan sulit sekali menghapus atau minimal mengubah trend ini.

Yang saya cermati adalah apabila algoritma google mengalami pergeseran ke arah analisis maksud dan tujuan pembaca. Sebenarnya algoritma google hummingbird telah menyentuh bagian sensitif ini. Algoritma tersebut telah memberikan pengaruh posisi wikipedia, sayangnya baru sebagian kecil penulis artikel yang mengerti bagaimana hummingbird berkerja, sehingga pengaruhnya kecil, bahkan hampir tidak terlihat.

Contoh kecil dari pergeseran algoritma yang mampu merubah dominasi peringkat search engine adalah ketika pengguna mengetikan kata "Bandung" pada kolom query google dengan maksud menemukan tempat wisata, mereka akan merasa kecewa ketika wikipedia berada pada urutan atas karena, wikipedia tidak memberikan informasi tempat wisata di Bandung, melainkan pemberian pengetahuan wilayah.

Jadi, jika google mulai memperhatikan tingkat bouncing dan pengalaman pengguna, kemungkinan besar wikipedia akan turun beberapa tingkat di masa yang akan datang. Akan lebih terlihat jika kita mengambil dasar permintaan yang lebih transaksional.

Sebaliknya, melihat situs slide off dari halaman satu, menurut saya sulit merubah keadaan, wikipedia akan tetap mendominasi. Kemungkinan besar karena google nampaknya masih meletakan kepercayaan pada "query deserves diversity" dan wikipedia umumnya menyediakan konten yang tidak mampu disediakan oleh situs lain, menawarkan kata kunci dalam jumlah besar.

Bagaimana mengambil keuntungan SEO untuk bisnis kita?
Saya sendiri mengatakan bahwa wikipedia adalah pesaing terkuat untuk mendapatkan posisi tertinggi serps google. Suka atau tidak suka, terima atau tidak terima itu lah sebuah kenyataan hal tersebut telah menjadi bagian dalam persaingan. Ini bukan tentang persaingan bisnis, namun lebih kepada persaingan peringkat dan traffik pengunjung dalam pasar yang mempengaruhi perkembangan suatu bisnis.

Ketika wikipedia berada pada posisi teratas google untuk kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda, kenapa tidak menjadikannya untuk mendapatkan informasi lebih dalam? Ingat! Semakin detil informasi yang disajikan, akan semakin bagus peringkat yang didapatkan pada Serps .

2 komentar:

  1. wiki pedia juga asli copas 100% ...
    dasar anak google

    BalasHapus
  2. Yuk kunjungi Berkahpoker.com agen poker online uang asli terpercaya indonesia. Dilayani oleh customer service yang ramah dan baik yang siap melayani anda selama 24 jam Non-stop. Proses Deposit dan Withdraw tercepat hanya 3 menit. Di berkah poker kalian bisa memainkan

    6 permainan hanya dalam satu user id:
    - Poker
    - Domino Kiu-Kiu
    - Adu-Q
    - Bandar Q
    - Capsa Susun
    - Domino99


    Melayani Dengan 5 Bank lokas Indonesia :
    - BCA
    - BRI
    - BNI
    - MANDIRI E-CASH
    - DANAMON


    Ayooo..tunggu apalagi yuk daftarin diri kalian segera di Berkahpoker.com untuk dapatin bonus yang menarik serta pelayanan Customer Service yang sangat memuaskan.Di

    Berkahpoker.com Fair Player vs Palyer tanpa adanya Bot atau admin yang bermain di

    dalamnya.Untuk info lebih lanjut segera hubungi Custumer Service kami di :
    - Livechatinc
    - BBM : 2B1A139
    - YM : BERKAHPOKER_CS
    - WECHAT : +85585411172
    - SKYPE : BERKAHPOKER

    BalasHapus